Selamat Pagi Indonesia

Kunjungan PT MIC Transformer dan UBAYA ke STK SPI Dalam Rangka Pelatihan & Pendampingan Digital-Preneurship

Batu – PT. MIC Transformer dan Universitas Surabaya (Ubaya) menggandeng Sekolah Tinggi Kewirausahaan Selamat Pagi Indonesia (STK-SPI) dalam program pemerintah “Matching Fun 2022”. Acara yang diadakan di Kota Batu pada 30 September lalu, adalah bagian dari pelatihan sekaligus pendampingan Digital Enterpreneurship MBKM Kewirausahaan Komprehensif Ubaya bersama STK SPI.

Direktur Ubaya InnovAction Hub (UIH), Prof. Drs.ec. Sujoko Efferin, menyatakan bahwa adanya program ini tidak sekadar kunjungan biasa, tetapi juga sebagai bentuk pertanggungjawaban UIH kepada rektor untuk memastikan bahwa Ubaya selalu berinovasi mengembangkan ekosistem kewirausahaan dari alumni dan masyarakat umum. Untuk itu, dalam kerjasama antara PT MIC Transformer dan Ubaya, ingin memunculkan jiwa-jiwa muda digital enterpreneurship di STK SPI yang juga berfokus pada bidang kewirausahaannya.

Menurut Prof. Sujoko, sebagai bentuk komitmen PT MIC Transformer dan Ubaya, program ini akan berlangsung selama 1 semester. Dimana program akan selesai pada bulan Februari 2023. Akan tetapi, pihaknya menyatakan bahwa perlu menyelesaikan pertanggungjawaban ke Dikti pada Bulan Desember 2022. Sehingga, semua kegiatan inti akan diselesaikan sampai pada Bulan November 2022. “Terus berkelanjutan, ya. Meski tidak ada lagi hibah dari pemerintah, setiap tahunnya akan selalu ada. Mungkin akan diajukan lagi, terlepas dari ada-tidaknya program itu, kita akan jalan terus. Karena ini sudah jadi program MBKM Kewirausahaan UBAYA,” kata Prof. Sujoko, Jumat (30/09/2022)

Direktur UIH tersebut menjelaskan harapannya akan kerjasama ini agar terus berlangsung lama. Meski di tengah masyarakat masih dilingkupi terpaan musibah. “Maju terus menghadapi semua gelombang, tantangan. Jangan takut. Selama kita yakin, niat kita baik, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Akan banyak pertolongan yang datang. Akan banyak orang-orang baik yang membela kita,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Direktur PT MIC Transformer, Bapak Ino Mulyadi, program ini bertujuan agar melahirkan insan-insan muda sebagai digi-preneur. Mengingat saat ini semua mengarah ke serba digital. Banyak para pengajar atau ilmu yang masih mengarah pada enterpreneurship secara basic. Untuk itu, sebagai mitra dari Ubaya, PT MIC Transformer memiliki bisnis proses yang mengarah pada satu bidang serupa yaitu digital. “Maka dari itu, kita juga diminta untuk berbagi. Bagaimana, sih, menjadi seorang enterpreneur melalui era dunia digital ini tadi,” terang Pak Ino.

Pelatihan dan Pendampingan Digital-Preneurship ini akan berlangsung selama 3 kali, yakni pada tanggal 30 September, 3 Oktober, dan 7 Oktober 2022. Dengan beragam materi kewirausahaan digital, seperti yang dilaksanakan pada 30 September lalu. Materi foto-video produk sebagai materi pembuka dan dua kali pertemuan ke depan dengan ragam materi yang masih berkesinambungan. “Mulai dari teknik dasar fotografi ataupun videografi untuk produk, kemudian minggu depan itu adalah tentang sosial media, dan minggu terakhir tentang bagaimana menjadi marketing melalui website atau copy writing,” jelas Pak Ino. Dengan adanya pelatihan dan pendampingan oleh PT.  MIC Transformer bersama Ubaya ini, diharapkan muncul young enterpreneurship yang baru. 

Bapak Ino Mulyadi juga menekankan, bahwa adanya program ini selain menumbuhkan bibit young enterpreneur yang baru, beliau juga berpesan kepada generasi muda untuk tidak melupakan pola pikir atau mindset dalam berbisnis. “Jadi, dikenal bahwa orang-orang yang senior, mereka secara ide memang kalah liar dengan para pemuda. Tapi kebijaksanaan dari mereka itu perlu dimiliki oleh pemuda. Sedangkan para pemuda ini dengan keliaran idenya tadi, kalau bisa diimbangi dengan kebijaksanaan yang dipelajari dari seniornya. Sehingga idenya bagus, kinerjanya luar biasa, tapi kebijaksanaannya pun tetap dipegang. Paket lengkap.” Jelas Pak Ino Mulyadi saat ditemui panitia pada di studio PT MIC Transformer.

Tidak sabar melihat progres adanya program pelatihan dan pendampingan dari PT. MIC Transformer bersama Ubaya selama 3 hari kedepan. Tentunya, dengan adanya program ini bisa jadi acuan bagi STK-SPI dalam meningkatkan mutu atau kualitas mahasiswa/i-nya dalam peningkatan kemampuan di bidang kewirausahaan, khususnya di era digital ini

Share with

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.